Sabtu, 09 November 2013

TUGAS TULISAN " BISNIS ONLINE" (REVISI)













PENGANTAR BISNIS
“BISNIS ONLINE”






WINDI FEBRIANI
29213329
1EB21













I.                  PENDAHULUAN

Zaman sekarang, banyak orang yang memanfaatkan internet untuk peluang bisnisnya. Mulai dari jejaring sosial seperti facebook, twitter, dsb. Bisnis online dengan bisnis online menurut banyak orang sangatlah efektif, karena dengan bisnis online bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang yang dijual ditempat lain dan tidak terlalu memerlukan modal yang besar  untuk amendirikan bisnis tersebut. Bisnis online juga biasanya menjual suatu barang yang jarang ada ditoko lain dan biasanya kuota produk/barangnya juga terbatas.

 Saat ini bisnis online sudah semakin berkembang. Bisnis online biasanya  lebih banyak mengarah pada bidang fashion, elektronik, dsb. Bisnis online juga sangatlah bermanfaat, salah satunya adalah hemat ongkos dan waktu. Pembeli hanya melihat melalui internet, tanpa melihat langsung fisik barangnya atau datang langsung ke tempat jualnya.

II.               ISI

Bisnis Online adalah suatu usaha yang dijalankan melalui internet. Semua orang bisa melakukan bisnis online, asalkan dia mempunyai koneksi internet yang memadai. Dalam mendirikan bisnis online, dibutuhkan kerja keras dan kegigihan demi mendapatkan keberhasilan dari bisnis tersebut.

Selain kerja keras dan kegigihan dalam mendirikan suatu usaha, membutuhkan adanya pemasaran barang yang akan dijual oleh sebuah perusahaan. Begitu juga seperti bisnis online. Usaha tersebut juga membutuhkan adanya pemasaran yang tepat. Karena dengan pemasaran akan berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan suatu usaha. 

  Dengan meluasnya pemakaian internet di Indonesia, maka semakin besar pula peluang mendirikan usaha. Khususnya dengan cara online.
Beberapa alasan bisnis online sebagai alternatif yang menguntungkan diantaranya:
1.     Nilai investasinya relatif rendah, tidak perlu biaya untuk membangun sebuah toko.
2.     Modal utama hanyalah internet, computer, dan barang yang akan dijualnya.
3.     Resiko investasi dalam bisnis online cukup rendah, karena pemilik bisa menemukan  barang yang pas dan cara untuk memasarkannya.
4.     Potensi pelanggan bisa mencapai ratusan bahkan jutaan orang.
5.     Biaya mendirikan usahanya rendah.
6.     Bisnis online mempunyai pilihan metode pemasaran yang beraneka ragam. Seperti pemasaran melalui situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dll.

Bisnis online memanglah menguntungkan, tetapi bisnis online juga banyak memiliki kekurangan, diantaranya :
1.     Bagi orang awam yang belum pernah transaksi melalui online, akan ketakutan, apabila transaksi pembayarannya tidak terkirim, dsb.
2.     Sistem pembayaran : banyak orang yang mengira kalau system pembayaran ke rekening melalui transfer dari bank, takut terkena penipuan.
3.     Pembeli/pelanggan tidak bisa melihat/mencoba barang sebelum membeli.
4.     Bagi penjual, siap-siap terkena marah/kritikan ketika barang yang dibeli pelanggan belum diterima/ belum sampai ke pelanggan.
Selain banyak kekurangan dalam mendirikan bisnis online juga banyak kendala  yang dialami yaitu dari segi koneksi internetnya, penguasaan bahasa asingg apabila kebetulan pelanggannya orang luar, dari segi kemampuan atau tekad, dari segi barang yang akan didagangkan, dari segi manajemen took online tersebut.
Untuk mendirikan bisnis online agar berjalan dengan lancer, harus mempunyai langkah-langkah terlebih dahulu, agar tidak banyak mengalami kendala seperti yang telah disebutkan tadi. Langkah-langkah tersebut adalah :
1.     Tentukan pasar terlebih dahulu.
2.     Riset pasar.
3.     Membuat blog/situs jejaring sosial.
4.     Tentukan konten berupa gambar, dll.
5.     Membeli domain & hosting.
6.     Promosi.


Sebagai awal sebelum mendirikan usaha bisnis online, solusi terbaik adalah dengan melakukan pendekatan personal kepada orang-orang/blogger.
III.            PENUTUP

Bisnis online adalah suatu usaha yang dijalankan melalui internet yang semua orang bisa melakukan tapi harus memiliki langkah-langkah yang tepat untuk menjalankannya, yang siap menanggung kendala-kendala yang akan dihadapi serta kerja keras dan kegigihan yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis.




IV.            DAFTAR PUSTAKA



www.wikipedia.com


www.sap.gunadarma.ac.id

widyatmini,”Pengantar Bisnis : Pemasaran; penerbit Gunadarma


 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar