Kamis, 28 November 2013

TUGAS MINGGU 6

TUGAS MINGGU 6 PENGANTAR BISNIS


NAMA KELOMPOK :
 
WINDI FEBRIANI
SELVIYANTI FEBRIARDI
MELINDA TRI HARYATI

KELAS 1EB21
  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
# Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang/jasa.
Sementara pemasaran  proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI:
A.    Perusahaan industri tekstil, contohnya : adidas , GUCCI, LOUIS VUITTON, GUESS, HAMMER
B.     Perusahaan industri makanan, contohnya : Mc.Donald, Burger King, Starbucks, Dunkin Donuts, Roti Boy
C.     Perusahaan industri otomotif, contohnya : Honda, Suzuki, Ford, Toyota, Chevrolet
D.    Perusahaan industri kerajinan, contohnya :
·        Kerajinan Perak AL- MUKHLIES dengan Desain Menarik
Description: Kerajinan Perak
·        Kerajinan Dari Biji Timah di Bangka Belitung
Description: 13729142131832312003
·        Kerajinan Kain Tenun Sijunjung Dari Sumatera Barat
Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2011/12/09/0920371p.jpg
·        Kerajinan Tas Dari Jogja
Description: http://images01.olx.co.id/ui/17/22/46/1363008360_490111646_12-ayo-ayo-di-order-tas-kerajinan-.jpg
·        Kerajinan Pahat Dari Bali
Description: http://www.balitoursclub.com/gallerys/woodcarver_500.jpg
E.     Perusahaan industry pengolahan limbah , contohnya
·         Batik Allusan karya ibu Sri Lestari
Description: D:\batik allusan.jpg 
Description: D:\perhiasan kontemporer.jpg
·        Ecoplas, Plastic Tapioka
 Description: D:\plastik-ecoplas.jpg
·        Limbah Tebu Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi (oleh Aris Jayadi, buruh pabrik asal Desa Kepulungan, Gempol, Pasuruan) 
Description: http://images.detik.com/content/2013/05/18/480/145619_arismembuatlampion.jpg
·        Kerajinan Daur Ulang Plastik (oleh Rizka Tiara Dewi (20) dan Dimas Satriatmoko (31))
Description: http://cdn.bisnisukm.com/2012/12/kerajinan-daur-ulang-plastik.jpg
*PASAR PENJUAL:
A.    Pasar tradisional
B.     Pasar swalayan
C.     Pasar grosir
D.    Toko kelontong
E.     Toko beras
     3.    JELASKAN DENGAN 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )
# Disetiap usaha pasti menggunakan konsep marketing 4P, yaitu product (Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar), price (Menentukan harga produk yang dapat diterima oleh pasar), place (Mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan agar mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju), promotion (untuk memperkenalkan produk pada pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya) untuk memajukan usahanya.
Seperti contoh salah satu produk
     4.    SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
A.    Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
B.   Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
C.   Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
D.   Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
     5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
#Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar