TUGAS MINGGU 6 PENGANTAR BISNIS
NAMA KELOMPOK :
WINDI FEBRIANI
SELVIYANTI FEBRIARDI
MELINDA TRI HARYATI
KELAS 1EB21
MELINDA TRI HARYATI
KELAS 1EB21
- JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
# Pasar
merupakan tempat bertemunya penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang/jasa.
Sementara
pemasaran proses penyusunan komunikasi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
- BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR
INDUSTRI:
A.
Perusahaan industri
tekstil, contohnya : adidas , GUCCI,
LOUIS VUITTON, GUESS, HAMMER
B.
Perusahaan industri
makanan, contohnya : Mc.Donald, Burger
King, Starbucks, Dunkin Donuts, Roti Boy
C.
Perusahaan industri
otomotif, contohnya : Honda, Suzuki,
Ford, Toyota, Chevrolet
D.
Perusahaan industri
kerajinan, contohnya :
·
Kerajinan Perak AL-
MUKHLIES dengan Desain Menarik

·
Kerajinan Dari
Biji Timah di Bangka Belitung

·
Kerajinan Kain
Tenun Sijunjung Dari Sumatera Barat

·
Kerajinan Tas
Dari Jogja

·
Kerajinan Pahat
Dari Bali

E.
Perusahaan industry
pengolahan limbah , contohnya :
·
Batik Allusan
karya ibu Sri Lestari


·
Ecoplas, Plastic Tapioka

·
Limbah Tebu Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi (oleh
Aris Jayadi, buruh pabrik asal Desa Kepulungan, Gempol, Pasuruan)

·
Kerajinan Daur Ulang Plastik (oleh Rizka Tiara Dewi (20) dan
Dimas Satriatmoko (31))

*PASAR PENJUAL:
A.
Pasar tradisional
B.
Pasar swalayan
C.
Pasar grosir
D.
Toko kelontong
E.
Toko beras
3.
JELASKAN DENGAN 1 CONTOH BARANG
/JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
# Disetiap usaha
pasti menggunakan konsep marketing 4P, yaitu product (Menentukan
produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar), price
(Menentukan harga produk yang dapat diterima oleh
pasar), place (Mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan agar
mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju), promotion (untuk memperkenalkan
produk pada pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya) untuk memajukan
usahanya.
Seperti contoh salah satu produk
4.
SEBUT DAN JELASKAN 4
VARIABEL BAURAN PROMOSI
A. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada
masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat
terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging,
sizes, services, warranties, and returns.
B. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal
milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period,
credit terms, and retail price.
C. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi
antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
D. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public
relation, and direct marketing.
variabel
promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu
berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra
perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi
langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan
penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan
komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan
dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan
alat penghubung nonpersonal lain.
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
#Alternative
sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar